Seperti Apa Tren Desain Web Di Tahun 2013?

Selasa, 16 Oktober 2012
Desain web terus berkembang. Yang dulu hanya tampilan sederhana yang statis kini semakin dinamis dengan hadirnya teknologi-teknologi baru. Ada HTML5, CSS3, jQuery, dan trobosan-trobosan lain di bidang web design. Perkembangan teknologi perangkat keras juga banyak mempengaruhi. Selain itu beberapa aspek lain juga mempengaruhi tren desain web, seperti dunia fotografi, advertising, yang membuat sebuah website tidak hanya sebagai sekedar penyedia informasi, tapi juga sebagai sebuah karya seni yang memanjakan mata. Lalu kira-kira seperti apa tren desain web di tahun 2013 nanti?




Desain web responsif
Pengertian responsif di sini adalah dapat menyesuaikan dengan resolusi layar yang digunakan. Dipicu dengan munculnya beragam perangkat mobile seperti tablet pc dan smartphone, sebuah website dituntut agar dapat menyesuaikan dengan resolusi yang digunakan perangkat tersebut. Saat halaman web ditampilkan di layar perangkat mobile, secara otomatis akan menyesuaikan dengan resolusi yang sedang digunakan. Elemen-elemen website ditata ulang dengan teknologi CSS3 agar terlihat nyaman seperti saat dibuka di monitor PC.

Background dengan gambar penuh
Saya sebetulnya kurang suka dengan tampilan web seperti ini, tapi ternyata sekarang mulai banyak dijumpai website dengan gambar latar yang penuh, bukan sebuah patern yang diulang. Memang terlihat indah, seperti tampilan desktop. Sayangnya saat di-load banyak memakan waktu, sehingga bagi yang koneksinya kurang bagus harus lebih bersabar. Biasanya website ini hanya memiliki sedikit menu yang digabungkan sekaligus dengan gambar latar.

Single page
Website ini hanya mengandung satu halaman saja. Di tampilan awal (biasanya terletak paling atas) terdapat menu-menu yang jika diklik tidak berpindah ke halaman lain, tapi bergulir ke bawah menuju topik tertentu. Tanpa menu pun kita bisa membaca keseluruhan isinya dengan menggerakan scroll. HTML5 banyak berperan di sini. Biasanya web ini adalah sebuah company profile atau personal homepage.

Metro UI
Windows 8 dengan tampilan Metro UI sedikit banyak mempengaruhi tampilan website lain. Banyak saya jumpai website yang mengubah tampilan elemen-elemennya menjadi borderless dan lebih minimalis. Animasi yang digunakan juga mulai mengadaptasi Metro UI. Walaupun tidak semua orang menyukai tampilan seperti ini tapi tetap memberikan nuansa baru yang lebih simpel dan elegan.

Yah kira-kira seperti itu sekilas prediksi tren desain web tahun 2013. Belum pasti, namanya juga prediksi. Seperti apapun kenyataannya nanti tetap menuntut para pengembang untuk mengikuti perkembangan agar tetap eksis di dunianya.


3 comment(s):

obat jantung koroner mengatakan...

makin berkembang aja desain web di tahun 2013 nanti

Alun Aileron mengatakan...

Gimanapun tetep harus ngikutin perkembangan teknologi yang ada.

Belajar Desain Otodidak mengatakan...

Jadi semakin semangat belajar desain grafis setelah baca artikel ini. makasih

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers