Spam Pertama Di Dunia

Kamis, 11 Oktober 2012
Spam, penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya (wikipedia). Spam bisa tersebar lewat e-mail, instant messenger, social media, dan lainnya. Bahkan kini spam juga telah menyebar lewat ponsel.

Awalnya spamming (tindakan menyebarkan spam) digunakan untuk beriklan, menyebarkan informasi secara massal. Dengan biaya operasional yang sangat rendah si pengiklan dapat mengirimkan informasi ke ratusan bahkan ribuan pelanggannya. Seperti yang dilakukan Gary Thuerk, seorang manajer pemasaran dari Digital Equipment Corp., pada Mei 1978 ia ingin menyebarkan berita seputar produk terbaru perusahaannya. Satu pesan e-mail ia kirimkan ke 400 orang lainnya.

Memang sempat membuat emosi para penerima pesan. Tapi ternyata tindakannya yang dianggap tak lazim itu membuahkan hasil yang memuaskan. Banyak penerima e-mail yang membeli produk barunya. Penjualan hasil dari spamming itu mencapai 13-14 juta dolar AS. Gary Thuerk kini mendapat julukan 'The Father of Spam'.



Saat itu Gary Thuerk tidak sadar bahwa tindakannya sedikit banyak telah mengubah dunia teknologi informasi. Spam kini dimasukkan dalam kegiatan melanggar hukum. Banyak pihak yang dirugikan dengan adanya spam. Bukan lagi menyebarkan berita, kini spam juga telah digunakan untuk penipuan dan menyebarkan malware di internet. Tapi kita tidak bisa menyalahkan Gary Thuerk atas tindakannya pada waktu itu. Bagaimanapun ia berperan penting dalam sejarah perkembangan dunia maya.

(dirangkum dari berbagai sumber)

4 comment(s):

Semar Bingung mengatakan...

Wahhh, artikelnya sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan, Sob. Saya baru tahu mengenai sejarah spam setelah membaca artikel ini.

Salam kenal, salam berbagi, dan bila tak keberatan silakan kunjung ke blog saya.

Alun Aileron mengatakan...

Tengkyu Bro. Saya nggak sengaja baca di wikipedia. Baru tau juga, langsung tulis dah. Langsung meluncur ke eltelu.

Anak Surabaya mengatakan...

wahh ternyata ini toh orang pertama pemicu spam..
but good to do your skill ^_^

obat batu ginjal mengatakan...

spam tergantung tujuannya ada positif ada juga yang negatif

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers