Memainkan Game DOS Di Windows 7 Dengan DOSBox

Senin, 20 Juni 2011
Pernahkah terpikir untuk memainkan kembali game-game saat komputer masih berbasis DOS? Dulu sering saya bawa disket besar untuk main game di rumah teman, saling tukar game. Pada saat itu beberapa game komputer yang terkenal adalah Doom, Prince of Persia, Operation Wolf, Pacman, Castlevania, dan masih banyak lagi. Sempat terpikir untuk memainkannya kembali, sekedar pelepas rasa jenuh.

Tapi sayangnya game-game tersebut tidak bisa dijalankan di Windows 7. Walaupun Compatibility Mode sudah saya ubah menjadi Windows 98 sekalipun tetap tidak bisa. Akhirnya saya menggunakan program emulator khusus untuk menjalankannya, DOSBox.

DOSBox adalah emulator untuk menjalankan program-program yang berbasis DOS. Bukan hanya game, program-program lain seperti Lotus juga bisa dijalankan. Cara penggunaanya pun cukup mudah. Setelah di-install jalankan DOSBox dari Start Menu. Tampilan pertama dari DOSBox seperti gambar di bawah.



Tampilannya seperti Command Prompt. Nah, dari sini kita harus mount folder yang akan dimainkan. Ketikkan perintah dengan format Z:\>mount [drive] [folder game]. Contohnya, menjalankan Prince of Persia, Z:\>mount x c:\prince, dengan asumsi folder ‘prince’ di drive C didaftarkan ke drive virtual X.



Setelah berhasil kita pindah ke drive X dengan mengetikkan Z:\>C: dan ketik Z:\>dir untuk melihat isinya. Cari file eksekusinya lalu jalankan. Dan akhirnya, tadaaaaa…




Jika ingin tampilan fullscreen kita bisa membuka file DOSBox.conf lalu mengganti konfigurasi fullscreen=true.

DOSBox bisa di-download secara gratis di sini. Dan untuk game kita bisa cari di sini, cukup banyak game kuno yang tersedia. Selamat bernostalgia.

2 comment(s):

Anonim mengatakan...

makasiii :)

Anonim mengatakan...

this program requires microsoft windows

gmana tu gan??

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers