Penelusuran Di Google Menggunakan Gambar

Jumat, 17 Juni 2011

Satu lagi fitur baru dari Google adalah penelusuran menggunakan gambar. Dengan fitur baru ini kita bisa mencari data bukan hanya dengan menggunakan kata kunci (keyword) tapi juga bisa menggunakan gambar. Fungsinya banyak, contohnya kita bisa mencari orang berdasarkan foto, mencari suatu lokasi dari sebuah bangunan, mengidentifikasi tanaman dan hewan atau benda-benda lainnya.

Gambar yang digunakan bisa dari alamat website tertentu atau bisa juga menggunakan gambar yang ada di komputer. Untuk mulai mencari buka alamat http://www.google.co.id/imghp kemudian akan muncul halaman Gambar Google. Klik gambar kamera di dekat tombol ‘Telusuri’ dan akan muncul kotak pencarian baru. Jika kita akan menggunakan gambar dari website maka kita tinggal menuliskan URL dari gambar tersebut. Jika kita ingin mencari menggunakan gambar dari komputer maka klik ‘Unggah gambar’.

gimage1

Setelah memutuskan untuk mencari gambar tertentu maka tinggal klik Telusuri. Dan jujur saya sempat kaget, karena inilah hasil yang ditampilkan.

gimage2

Kok nggak ada gambar Doraemon sama sekali? Yang muncul adalah logo-logo merk. Lalu saya pikir Google mencari gambar berdasarkan kemiripan bentuknya. Karena gambar yang saya masukkan adalah gambar kepala Doraemon berbentuk bulat, maka hasil pencariannya juga gambar-gambar yang hampir bulat juga. Kemudian karena warna kepala Doraemon tadi didominasi warna biru dan merah, maka yang ditampilkan juga gambar-gambar dengan warna seperti itu. Lalu bagaimana supaya pencariannya bisa sedikit relevan?

gimage3

Dan ini dia, saya telah menambahkan kata kunci ‘doraemon’. Hasilnya cukup menggembirakan, saya benar-benar telah menemukan gambar Doraemon yang mirip. Sepertinya kata kunci masih berperan penting di sini. Saya tidak begitu mengerti tentang algoritma yang digunakan Google untuk mengenali sebuah gambar. Walaupun menurut saya sedikit aneh (karena masih tergantung kata kunci), saya rasa fitur ini cukup membantu. Mungkin karena masih baru jadi belum begitu sempurna.

0 comment(s):

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers