Mengetahui Pengirim Email Dengan Bantuan Jejaring Sosial

Minggu, 12 Juni 2011

emaildeliveryTerkadang kita mendapat email dari seseorang yang belum kita kenal. Tentu saja kita harus berhati-hati, mengingat banyak kejahatan di dunia maya yang menggunakan email sebagai medianya. Mungkin ada baiknya kita mencari tahu tentang informasi detail pemilik email tersebut terlebih dahulu. Mudah saja, kita tinggal bertanya kepadanya dan menunggu balasannya. Tapi ada cara lain yang cukup efektif untuk mengetahui data pengirim secara detail. Cukup dengan menggunakan beberapa layanan yang telah tersedia di internet, salah satunya adalah mencarinya di jejaring sosial.

Facebook, saking populernya jejaring sosial ini hingga bisa dikatakan hampir mustahil jika seseorang yang aktif di dunia maya tidak mempunyai akun Facebook. Kita bisa mencari informasi seseorang di Facebook dengan menggunakan email. Tinggal masukkan saja alamat email pengirim ke kotak pencarian maka Facebook akan segera menampilkan hasilnya. Dari situ kita akan tahu informasi tentang pemilik email tadi.

Bagaimana jika kita tidak menemukannya di Facebook? Cari di jejaring sosial lain seperti Friendster, Twitter, Foursquare, Yahoo, Multiply, dan lain-lain. Dengan asumsi jika orang tersebut benar-benar tidak menyukai Facebook mungkin dia mempunyai minat di jejaring sosial lain. Mencari alamat email dengan menggunakan search engine, seperti Google,  sebenarnya juga bisa, tapi hasil yang ditampilkan tidak begitu spesifik.

Masih belum ketemu? Manfaatkan layanan pencari data orang seperti Pipl dan Spokeo. Kedua layanan tersebut akan mencari data seseorang berdasarkan alamat email. Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang lebih detail. Atau dengan Knowem, layanan untuk mencari orang di ratusan jejaring sosial berdasarkan namanya.

Ya ampun, ternyata tetap tidak ditemukan. Mungkin memang, dari sekian banyak fasilitas di internet, dia sekedar memanfaatkan layanan email saja. Kalau begitu ya kembali ke pilihan pertama, bertanya langsung. Hihihihihi…

0 comment(s):

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers