Merawat Komputer Dengan Glary Utilities

Rabu, 11 Mei 2011

Perawatan komputer (maintenance) yang rutin merupakan kunci untuk menjaga komputer tetap dalam performa maksimal. Kita dapat melakukannya secara manual dengan memanfaatkan fitur-fitur bawaan Windows, atau menggunakan program-program lain yang dikhususkan untuk itu.

Glary Utilities adalah salah satu program dengan fitur cukup lengkap untuk merawat komputer berbasis Windows. Jika Anda pernah menggunakan program bernama Tune Up Utilities, saya rasa Anda tidak akan menemui kesulitan saat mencoba Glary Utilities. Memang tidak selengkap Tune Up Utilities, tapi fitur-fitur dan tampilannya sangat mirip. Beberapa fitur yang disediakan adalah :

glary1

1-Click Maintenance
Dengan sekali klik maka Glary Utilities akan mengerjakan tugas-tugas perawatan komputer secara otomatis. 1-Click Maintenance juga dapat dijalankan menurut jadwal pada versi Pro.

Clean Up & Repair
Meliputi Disk Cleaner (membersihkan file temporary), Registry Cleaner (membersihkan registry), Shortcuts Fixer (mengoreksi valid atau tidaknya shortcut di Startmenu dan Desktop), dan Uninstall Manager (memilih program-program yang tidak digunakan lagi dan membuangnya).

Optimize & Improve
Meliputi Startup Manager (mengatur program-program yang berjalan pada saat Startup), Memory Optimizer (melihat penggunaan RAM dan mengoptimalkannya), Context Menu Manager (mengatur menu-menu yang tampil pada klik kanan mouse di Windows Explorer), dan Registry Defrag (melakukan defragmentasi registry).

Privacy & Security
Meliputi Tracks Eraser (menghapus jejak-jejak yang ditinggalkan web browser), File Shredder (menghapus file agar tidak dapat di-restore lagi), File Undelete (me-restore file yang telah dihapus), dan File Encrypter and Decrypter (enkripsi untuk melindungi file dari penyalahgunaan).

Files & Folders
Meliputi Disk Analysis (menampilkan statistik file dan folder yang tersimpan di hardisk), Duplicate Files Finder (mencari file yang kembar), Empty Folders Finder (mencari folder yang kosong), dan File Spitter and Joiner (memecah file yang besar menjadi file-file kecil dan mengembalikannya lagi).

System Tools
Meliputi Process Manager (mengatur proses yang sedang berjalan), Internet Explorer Assistant (mengatur add-on Internet Explorer), System Information (menampilkan informasi hardware dan software), dan Windows Standard Tools (jalan pintas untuk mengakses tools bawaan Windows yang sering dipakai).

glary2

Selain itu program ini juga dilengkapi dengan Restore Center untuk membuat backup dari perubahan yang kita lakukan menggunakan Glary Utilities, untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu pada komputer setelah maintenance. Juga disediakan skin untuk tampilan program yang sesuai dengan selera kita.

Glary Utilities dapat di-download secara gratis dan dapat di-upgrade ke versi Pro yang memiliki beberapa fitur tambahan. Untuk dowload bisa klik di sini atau lewat situs resminya.

0 comment(s):

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers