Anak Di Bawah 13 Tahun Bisa Memiliki Akun Facebook

Sabtu, 21 Mei 2011

kidlaptopSebenarnya untuk dapat bergabung di Facebook adalah telah berumur di atas 13 tahun. Aturan itu diperlihatkan saat seseorang mendaftarkan dirinya di Facebook. Tapi pada kenyataannya banyak anak-anak yang dapat bergabung dengan cara memalsukan tanggal lahir mereka. Bahkan pernah dilaporkan bahwa 7,5 juta pengguna Facebook di dunia adalah anak-anak yang berumur di bawah 13 tahun. Facebook sendiri telah menyediakan tempat khusus untuk melaporkan akun yang menggunakan tanggal lahir palsu.

Aturan tersebut sebenarnya adalah aturan dari COPPA (Children's Online Privacy Protection Act), sebuah badan yang mengatur perlindungan terhadap anak-anak di dunia maya. Setiap website diharuskan menyertakan kebijakan privasi (privacy policy) untuk mengatur siapa saja yang diperbolehkan mengakses website tersebut dengan melihat dari kontennya. Beberapa website memang menyajikan konten untuk anak-anak, ada juga yang boleh diakses oleh anak-anak dengan pendampingan dari orang tua, dan ada yang hanya boleh diakses oleh orang dewasa.

Untuk Facebook dan jejaring sosial lainnya, COPPA menerapkan aturan hanya boleh diakses oleh mereka yang telah berumur 13 tahun. Aturan ini dapat dibaca di Facebook’s Privacy Policy. Padahal Facebook merupakan sebuah tempat dimana anak-anak juga dapat saling terhubung dengan keluarga, teman-teman, guru, dan orang-orang lain. Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, telah mengajukan usul agar anak-anak di bawah 13 tahun juga diperbolehkan bergabung di jejaring sosial. Menurutnya anak-anak seharusnya diperbolehkan bergabung di jejaring sosial dengan tetap didampingi oleh orang tua mereka. Usul tersebut sempat menjadi kontroversi dan masih dipertimbangkan.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda setuju dengan usulan tersebut? Semua tergantung dari pandangan masing-masing orang. Bagaimanapun juga Facebook merupakan sebuah platform yang luar biasa dengan berbagai macam kelebihan dan kekurangannya. Mungkin saja, suatu saat seorang bayi yang baru saja lahir akan langsung dibuatkan akun Facebook oleh orang tuanya. (hahahahaha…)

sumber : PCWorld

0 comment(s):

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers