SDXC, Kapasitas Besar Dengan Kecepatan Tinggi

Minggu, 27 Februari 2011

Secure Digital eXtended Capacity (SDXC) akan segera menjadi standar baru media penyimpanan perangkat HD (High Definition). Dengan kapasitas yang semakin besar dan kecepatan lebih tinggi nantinya akan segera menggeser pendahulunya yaitu Secure Digital High Capacity (SDHC).

Untuk perbandingan, jika kapasitas maksimal SDHC hanya 32GB maka untuk kapasitas SDXC bisa mencapai 2TB (Terabyte). Dan untuk kecepatan SDXC telah ditingkatkan mencapai 300 MB/s.

Bentuk fisik dari SDXC masih sama dengan SDHC, yaitu SD, MiniSD, dan MicroSD. Perubahan terletak pada skema transfernya. Jika pada SDHC menggunakan skema transfer paralel maka pada SDXC diganti dengan skema transfer serial.

SDXC ini nantinya akan sering digunakan pada perangkat kamera digital profesional yang butuh merekam banyak gambar dengan resolusi tinggi dalam waktu yang singkat. Selain itu juga digunakan pada perangkat video untuk merekam film yang berkapasitas besar dan berdurasi panjang. Mungkin juga akan diaplikasikan ke ponsel, dan perangkat lainnya yang membutuhkan ruang penyimpanan yang besar.

Kemampuan SDXC ini memang bisa dibilang luar biasa. Dengan bentuk fisik yang sama dengan pendahulunya tapi dengan kemampuan yang jauh meningkat. Karena bentuk fisik yang sama maka para pengembang perangkat elektronik tidak perlu membuat slot model baru untuk dapat mengaplikasikan SDXC. Mereka tinggal menambah kecepatannya saja agar dapat mengimbangi kecepatan SDXC.

Untuk keterangan lebih lengkap tentang SDHC dan SDXC bisa dibaca di SD Association atau dari Wikipedia.

0 comment(s):

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers