Terapi Kejiwaan Secara Online

Minggu, 13 Februari 2011
Sebuah lembaga pemerintahan di Inggris yang menangani masalah kesehatan masyarakat telah mendukung sebuah program komputer yang dapat diakses secara online, yaitu Fearfighter. Lewat situsnya, fearfighter.com, program ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kejiwaan seperti panik, phobia, dan depresi. Lewat program ini pasien akan menjalani terapi seperti layaknya dia berkonsultasi dengan seorang psikiater.

Program terapi yang dijalani berlangsung kurang lebih selama sepuluh minggu. Setiap sesi berlangsung kira-kira satu jam. Memang lebih singkat dari program terapi yang diterapkan oleh psikiater. Inti dari program ini adalah membuat si pasien mengatasi masalah mereka sendiri dengan mengindentifikasi rasa takut dan menemukan solusinya. Sekaligus si pasien harus menjalankan semacam simulasi yang membuat mereka merasa tidak nyaman, kemudian perlahan-lahan membuat mereka terbiasa dalam keadaan seperti itu.

Namun tetap program ini tetap memiliki kelemahan dan kelebihan. Masalah-masalah kejiwaan yang serius, seperti keinginan untuk bunuh diri, tidak bisa diselesaikan oleh program komputer ini. Masalah-masalah tersebut tetap membutuhkan seorang psikiater untuk menanganinya. Sedangkan kelebihannya terletak pada waktu dan biaya terapi. Karena dapat diakses secara online, tentu saja akan menghemat waktu. Biayanya pun jauh lebih murah dari pada terapi kejiwaan pada umumnya.

0 comment(s):

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers