Windows Live Writer 2011

Selasa, 15 Februari 2011

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk menulis artikel pada blog selain menggunakan editor bawaan yang ada pada situs blog. Salah satunya adalah dengan menggunakan Windows Live Writer 2011. Dengan interface yang mirip seperti MS Word 2007, aplikasi ini menawarkan cara menulis artikel pada blog dengan lebih mudah. Dan juga karena dilengkapi beberapa fitur dari Windows Live membuat aplikasi ini mempunyai nilai lebih.

WYSIWYG
Dengan aplikasi ini kita dapat menulis blog secara WYSIWYG (What You See Is What You Get). Ada tiga tab penting yaitu Edit (melihat tulisan seperti melihat pada blog), Preview (melihat halaman depan blog), Source (melihat kode HTML dari tulisan). Seperti apa pun format yang kita tulis akan sama dengan yang ditampilkan pada blog.

Foto, video, dan peta
Untuk menampilkan foto atau video pada blog kita dapat meng-upload atau mengambil dari situs lain. Windows Live Writer 2011 mendukung penempatan foto dengan upload atau lewat link situs. Kita juga dapat menampilkan peta pada tulisan dengan bantuan Windows Live Local.

Mendukung banyak blog service
Windows Live Writer 2011 mendukung banyak blog service seperti Wordpress, SharePoint, Windows Live Spaces, TypePad, dan Blogger. Dan kita dapat mengatur lebih dari satu akun blog. Saat publish kita tinggal memilih akan di-publish ke akun yang mana tulisan kita.

Format tulisan umum
Format-format umum seperti ukuran font, warna font, paragraf, penomoran, dan sebagainya juga didukung seperti layaknya menulis dengan Wordpad atau MS Word. Begitu juga fasilitas spelling, find, word count, table, emoticon juga telah disediakan.

Kategori
Tidak lupa dalam sebuah blog diperlukan kategori tulisan untuk memudahkan penggolongan. Tinggal tuliskan kategori pada bagian ‘Set categories’ atau memilih kategori yang telah ada pada blog.

Dari draft menjadi published
Ini kelebihan yang paling saya sukai dari Windows Live Writer 2011. Kita dapat menyimpan tulisan dalam bentuk draft. Bedanya draft ini disimpan pada komputer, bukan pada server. Sangat berguna saat kita sedang tidak terkoneksi dengan jaringan internet. Tidak perlu susah-susah mengatur ulang format tulisan saat akan di-publish. Tinggal membuka draft dan post draft to blog. Kita juga bisa mengedit tulisan-tulisan yang sudah ada.

Bagi Anda yang ingin mencoba aplikasi ini dapat men-download lewat situs resminya secara gratis. Paket instalasi adalah Windows Live Essentials 2011 yang meliputi Messenger, Photo Gallery, Movie Maker, Mail, Writer, Family Safety, Messenger Companion, Microsoft Silverlight, dan Outlook Connector Pack.

0 comment(s):

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers