Mengapa Situs Facebook Berwarna Biru?

Senin, 28 Februari 2011

Sejak pertama kali Mark Zuckerberg membuatnya hingga sekarang, Facebook telah mengalami banyak perubahan dalam hal fitur dan desain tampilan situsnya. Namun ada yang tak berubah, yaitu warna biru yang mendominasi tampilan Facebook. Kenapa harus biru? Apakah berkaitan dengan masalah buta warna? Kenapa tidak warna lain seperti merah, hijau, atau kuning (rupa rupa warnanya ^_^)?

Ternyata warna biru merupakan warna favorit di seluruh dunia (baca di sini). Bukan hanya Facebook, lihatlah Twitter, Skype, Wordpress, PayPal, dan bahkan Windows pun dari awal sudah menyematkan biru sebagai warna default. Bukan hanya situs, di dunia nyata pun sering kita jumpai benda-benda yang didominasi warna biru.

Membuat pengunjung betah berlama-lama mengakses sebuah situs, mungkin itu tujuannya. Salah satu strategi pemasaran yang berkaitan dengan psikologi warna. Saat pengunjung merasa nyaman berhadapan dengan sebuah situs tentunya dia akan banyak berinteraksi dengan situs tersebut. Warna tidak lagi sebagai penghias, namun sudah menjadi senjata dalam memasarkan suatu produk. Biru dikaitkan dengan kepercayaan, ketenangan, kekuatan, keseriusan, kebersamaan, dan profesionalisme.

Facebook kini telah memiliki lebih dari 500 juta pengguna dalam waktu yang relatif singkat. Dominasi warna biru itulah mungkin menjadi salah satu faktor yang membuat pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama di depan komputer menjelajah situs ini.

sumber :

0 comment(s):

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers