Blekko, Mesin Pencari Dengan Slashtag

Jumat, 04 Maret 2011

Para penggemar Twitter pasti tak asing dengan istilah hashtag (#). Dengan menggunakan hashtag kita dapat lebih mudah menemukan topik tertentu. Jika kita mengklik suatu topik yang  diimbuhi hashtag maka secara otomatis Twitter akan mencari topik yang sama di seluruh timeline.

Hampir sama dengan konsep hashtag, Blekko, sebagai salah satu mesin pencari dapat mencari topik dengan bantuan slashtag (/). Slashtag seperti filter yang menyaring hasil pencarian kita sehingga kita mendapatkan hasil yang benar-benar relevan.

Seperti contoh di atas, saat mencari topik ‘Justin Bieber’ maka yang didapatkan adalah seluruh halaman web yang mengandung kata ‘Justin Bieber’. Tapi saat diberi ‘/youtube’ maka Blekko hanya menampilkan hasil pada Youtube yang mengandung kata ‘Justin Bieber’. Jika kita menambahkan ‘/twitter’ maka hasil yang ditampilkan adalah seluruh kicauan di Twitter yang mengandung kata ‘Justin Bieber’.

Masih banyak slashtag lain yang dapat kita gunakan untuk mengoptimalkan pencarian. Dan kita pun dapat membuatnya sendiri. Beberapa contoh slashtag yang populer adalah :

  • /map, menunjukkan peta suatu daerah. Contoh : jogja /map.
  • /forums, mencari forum di internet. Contoh : linux /forum.
  • /weather, menampilkan prakiraan cuaca suatu daerah. Contoh : chicago /weather.
  • /flickr, menampilkan gambar-gambar di Flickr. Contoh : merapi /flickr.
  • /define, mencari definisi dari suatu topik. Contoh : electricity /define.
  • /shop, mencari perbandingan harga barang yang dijual secara online. Contoh : ipad /shop.
  • dan lain-lain.

Blekko bisa menjadi alternatif mesin pencari saat kita mulai merasa bosan harus menyusuri halaman demi halaman dari mesin pencari andalan demi mendapatkan apa yang kita inginkan (nyindir dikit. hehehehehe…).

0 comment(s):

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers