Mengenal Mozilla Firefox 4

Minggu, 13 Maret 2011

firefox4 Mozilla Firefox 4 sudah memasuki tahap Relase Candidate 1, yang berarti sudah hampir memasuki tahap final. Banyak blog yang mengabarkan kehadiran web browser versi baru ini. Kehadirannya untuk sebagian pengguna telah ditunggu-tunggu. Tapi banyak juga yang merasa bingung dengan tampilan barunya yang terkesan lebih simpel seperti Opera dan Chrome. Atau kekecewaannya pada add-on yang sebelumnya terpasang pada Firefox 3.6 tidak terpakai pada Firefox 4. Di sini saya akan mengulas beberapa hal tentang tampilan baru Firefox 4 agar para pengguna dapat mengenal lebih dekat dengan Firefox 4.

Tabs on top
Biasanya pada Firefox 3 tab terletak di bawah address bar, pada Firefox 4 secara default peletakan tab terletak di atas address bar. Jika Anda tidak terbiasa akan hal ini Anda dapat mengubahnya melalui menu Options.

firefox4_2

Menu Bar dan Add-on Bar
Seperti pada Opera, menu bar pada Firefox 4 telah digantikan dengan tombol dengan tulisan Firefox yang sebetulnya adalah menu bar yang diringkas. Dengan tombol ini kita bisa mengakses beragam menu pada Firefox. Walaupun begitu Anda tetap bisa memunculkan menu bar lewat Options, atau dengan tombol ‘Alt’ jika ingin menampilkannya hanya untuk sementara. Status bar yang biasanya terlihat di bawah juga telah diganti dengan Add-on Bar yang memberikan informasi mengenai add-on yang terpasang.

firefox4_1

Fonts terlihat kabur
Banyak laporan mengenai tampilan font yang terlihat sedikit kabur (blur) pada Firefox 4. Beberapa pendapat menyebutkan ini adalah sebuah bug dan akan hilang pada versi final. Tapi ternyata dengan menonaktifkan hardware acceleration pada menu Options dapat mengatasi masalah ini. Saya sendiri belum tahu pasti penyebab kaburnya font di Firefox 4.

firefox4_3

Add-on Firefox 3.6 untuk Firefox 4
Saat akan memasang add-on biasanya diberikan informasi versi Firefox yang digunakan. Secara default add-on pada Firefox 3 tidak dapat digunakan pada Firefox 4. Dengan sedikit trik kita dapat membuat add-on Firefox 3 agar bekerja pada Firefox 4, walaupun tidak semuanya. tuliskan about:config pada address bar kemudian muncul dialog peringatan. Klik tombol “I’ll be careful, I promise!” maka akan muncul jendela konfigurasi. Tambahkan nilai baru dengan klik kanan>New>Boolean, beri nama extensions.checkCompatibility.4.0 lalu setel nilainya menjadi false. Saya telah mencoba, setidaknya sekitar 80% dapat bekerja dengan baik dengan trik ini.

Mempercepat Firefox 4
Masih pada jendela konfigurasi kita bisa mengubah beberapa parameter untuk mempercepat Firefox :

network.http.max-connections = 40
network.http.max-connections-per-server = 40
network.http.max-persistent-connections-per-server = 8
network.http.pipelining.maxrequests = 8
network.http.pipelining = true
network.http.proxy.pipelining = true
network.http.pipelining.ssl = true
nglayout.initialpaint.delay = 0

1 comment(s):

Anonim mengatakan...

saya sudah punya itu

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers