Pengguna Facebook Jadi Korban Tsunami Jepang

Senin, 14 Maret 2011

Emang yang namanya penjahat nggak pernah ngeliat-liat siapa korbannya. Saat kita sedang berduka atas gempa dan tsunami yang melanda Jepang, mereka malah menjejali cyberspace dengan kejahatannya. Sudah menjebak para pencari berita dengan mengakali search engine, sekarang giliran para pengguna Facebook menjadi incaran.

Seperti yang dilaporkan oleh Trendmicro, “Japanese Tsunami RAW Tidal Wave Footage!”, adalah sebuah halaman di Facebook yang menyebarkan malware mengatasnamakan bencana yang sedang terjadi di Jepang. Dengan iming-iming video tsunami yang sedang menjadi sorotan, secara tidak langsung pengguna digiring untuk masuk ke dalam perangkap. Saat diklik halaman ini akan membawa kita menuju website lain yang menyuruh melakukan tindakan lebih lanjut untuk dapat melihat video, yang sebenarnya tidak ada.

Seperti biasa, kita diharuskan memasukkan data-data pribadi seperti alamat, nomor telepon, email, dan lain sebagainya. Kemudian meminta Anda untuk meng-install codec atau plugin untuk memainkan video, yang sebetulnya merupakan malware berupa keylogger atau sejenisnya. Dan secara otomatis akan menuliskan pesan pada dinding Facebook yang menyarankan untuk menggunakan aplikasi ini untuk menyebarkan dirinya. Berharap teman-teman di Facebook juga melakukan hal yang sama.

Bukannya membantu malah merepotkan. Lebih baik menyisakan sedikit rejeki kita untuk para korban bencana daripada mengambil keuntungan dari bencana. Tapi mau gimana lagi, yang penting kita sebagai pengguna jaringan internet tetap berhati-hati.

Saya sebagai penulis, menyampaikan simpati sedalam-dalamnya atas bencana yang menimpa Jepang. Marilah berdoa dan berbuat sesuatu untuk meringankan penderitaan mereka. Pray for Japan!

0 comment(s):

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers