Mengambil Screenshot Dengan Snipping Tool

Rabu, 23 Maret 2011

Walaupun Windows 7 telah hadir sekitar dua tahun yang lalu, masih banyak penggunanya belum mengenal betul fitur-fitur baru yang ada pada Windows 7. Padahal banyak kemudahan yang ditawarkan Windows 7 dan belum ada di Windows XP. Salah satunya adalah mengambil gambar seperti yang ditampilkan pada layar, atau lebih dikenal dengan screenshot.

Snipping

Biasanya para pengguna Windows menggunakan tombol PrtScr pada keyborad untuk mengambil screenshot seluruh layar, atau dengan Alt+PrtScr untuk mengambil screenshot aplikasi yang sedang aktif. Kemudian di-paste ke Paint Brush untuk menampilkan, mengedit, dan menyimpan hasilnya. Windows 7 memberikan kemudahan dengan program Snipping Tool. Dengan program ini fungsi PrtScr menjadi lebih mudah dengan metode cropping. Dengan drag kursor dari kiri ke kanan bawah, secara otomatis hasilnya dapat langsung dilihat. Atau untuk mengedit lebih jauh bisa di-paste ke PaintBrush terlebih dahulu, karena hasil yang didapat Snipping Tool otomatis juga tersimpan di clipboard.

snipping2

Sebelum disimpan hasilnya, kita juga dapat menambahkan beberapa sentuhan kecil dengan Pen, Highlighter, atau Eraser. Biasanya digunakan jika kita ingin memperjelas maksud yang ingin disampaikan lewat screenshot tersebut. Setelah itu kita dapat menyimpannya dalam bentuk *.png, *.gif, *.jpg, atau bahkan *.mht.

snipping3

0 comment(s):

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers