Calibre, Manajemen eBook Dalam Berbagai Format

Minggu, 06 Maret 2011

Mengoleksi buku elektronik atau ebook seperti memiliki perpustakaan digital. Seperti halnya perpustakaan, koleksi ebook juga perlu penataan khusus agar dapat memudahkan dalam mencari dan membacanya. Salah satu program untuk menata koleksi ebook ini adalah Calibre.

Calibre adalah program yang dikhususkan untuk manajemen ebook di komputer. Seperti perpustakaan, kita dapat mengurutkan ebook menurut judul, pengarang, ukuran, tanggal, dan lain-lain sehingga memudahkan dalam pencarian. Kita juga dapat menambahkan kategori dan komentar untuk ebook. Selain itu Calibre dapat menemukan metadata ebook berdasarkan judul, pengarang, atau informasi ISBN lewat koneksi internet.

calibre

Dengan Calibre kita juga bisa mengkonversi format ebook supaya dapat dibaca oleh piranti-piranti elektronik yang kadang hanya terbatas pada format tertentu saja. Format yang didukung adalah :

  • Input : CBZ, CBR, CBC, CHM, EPUB, FB2, HTML, LIT, LRF, MOBI, ODT, PDF, PRC**, PDB, PML, RB, RTF, SNB, TCR, TXT.
  • Output : EPUB, FB2, OEB, LIT, LRF, MOBI, PDB, PML, RB, PDF, SNB, TCR, TXT.

Kelebihan lain dari Calibre adalah mengambil berita dari website atau RSS feed untuk dijadikan ebook. Contoh situs berita yang didukung Calibre adalah New York Times, ESPN, The Guardian, The Wall Street Journal, Times, dan lain sebagainya.

Calibre merupakan freeware dan open source, dapat di-download di sini.

0 comment(s):

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers