Facebook Dilengkapi Sistem Peringatan Bunuh Diri

Selasa, 08 Maret 2011

helpyouconnect

Facebook di Inggris meluncurkan sebuah sistem peringatan jika salah satu teman dicurigai akan melakukan aksi bunuh diri. Hal ini dipicu dari banyaknya kasus bunuh diri, dan biasanya didahului dengan memberi tahu kepada teman-teman di Facebook tentang keinginan untuk bunuh diri.

Seperti pada kasus Simone Back belum lama ini, yang memberitahu lebih dari 1000 temannya di Facebook bahwa dia sedang mengalami overdosis setelah menelan banyak pil. Dia juga sempat menyampaikan pesan selamat tinggal pada teman-temannya. Tapi ternyata pesan itu tidak ditanggapi serius, malah dipenuhi dengan komentar-komentar pedas teman-temannya. Ada yang bilang ia berbohong, ada yang bilang tak peduli, dan sebagainya. Hingga akhirnya ibu dari Simone Back, Jennifer Langridge, menulis pesan di Facebook putrinya, memberitahu pada dunia bahwa Simone Back telah meninggal dunia.

Facebook dan jejaring sosial lainnya sudah benar-benar menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Apa yang dirasakan dan dialami oleh seseorang sering ditulis di Facebook. Kasus di atas mengingatkan kita untuk menanggapi secara serius jika ada orang yang merasa dirinya sedang mengalami masalah dan memberikan dukungan seperti halnya pada dunia nyata.

The Samaritans, sebuah badan yang khusus menangani masalah-masalah tekanan kejiwaan di Inggris, akhirnya bekerja sama dengan Facebook agar kasus seperti di atas tidak terulang lagi. Lewat Facebook’s Help Centre pengguna dapat melaporkan konten-konten di Facebook yang meresahkan berkaitan dengan kejiwaan.

Simone Back's last message was posted on Christmas Day.

At 10:53pm she posted: 'Took all my pills be dead soon bye bye everyone.'

11.01pm Friend A: 'She ODs all the time and she lies.'

11.02pm Friend B: 'I hope that she is lying about this or you're going to feel guilty tomorrow.'

Boxing Day, 12.09am Friend C: 'Did you catch the part about Simone taking pills?? .. the 'bye bye' part?? Did anyone go by personally and check on Simone.. or call 999?? what's wrong with you people?? is the gossip really more important than her??'

12.56am Friend A: 'She does it all the time, takes all of her pills. She's not a kid anymore.'

12.01pm Friend D: 'She has a choice and taking pills over a relationship is not a good enough reason.'

Miss Back's mother Jennifer Langridge later posted on her daughter's Facebook page: 'My daughter Simone passed away today so please leave her alone now.'

0 comment(s):

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers