Ponsel Dapat Membuat Tulang Keropos

Jumat, 25 Maret 2011

GirlCellBeach Seperti kita ketahui, telepon selular (handphone) mempunyai efek negatif pada otak. Penelitian lebih lanjut menyebutkan pemakaian ponsel yang berlebihan dalam jangka waktu tertentu dapat menyebabkan kanker otak. Sekarang ada penelitian yang lebih baru, radiasi elektromagnetik yang berasal dari ponsel ternyata juga berpengaruh pada penurunan kepadatan tulang manusia. Dengan kata lain membuat tulang menjadi keropos.

Dr. Fernando Sravi dari Argentina National University mengatakan bahwa pria yang memakai ponsel secara rutin pada sabuk di sisi kanan mereka telah mengalami pengurangan kandungan mineral dalam tulang (Bone Mineral Content/BMC) dan kepadatan mineral dalam tulang (Bone Mineral Density/BMD) pada pinggul kanan mereka. Dalam penelitiannya tersebut, Dr. Fernando Sravi menggunakan sampel 24 pria sehat yang tidak menggunakan ponsel, dan 24 pria sehat yang membawa ponsel pada ikat pinggang di sisi kanan kurang lebih selama satu tahun.

Dan hasilnya, walaupun tidak begitu signifikan, 24 pria yang tidak menggunakan ponsel memiliki BMC lebih tinggi daripada 24 pria yang membawa ponsel. Pria dengan ponsel di ikat pinggang mereka mengalami penurunan BMC dan BMD pada bagian ‘leher femoralis’ (bagian atas tulang paha).

Walaupun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, hasil studi ini menyebutkan adanya kemungkinan bahwa radiasi elektromagnetik pada ponsel dapat mempengaruhi proses mineralisasi pada tulang manusia. Dr. Fernando Sravi akan melanjutkan penelitiannya tersebut dengan memakai sampel wanita, yang memiliki tingkat kemungkinan osteoporosis lebih tinggi.

sumber : TGDaily

0 comment(s):

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers