Jangan Lupa, Matikan Komputer Dan Lampu Nanti Malam

Sabtu, 26 Maret 2011

earthhourYa betul, hanya dari pukul 20.30 – 21.30, tidak lebih dari 60 menit mari kita matikan alat-alat elektronik untuk mendukung Earth Hour 2011. Dari lampu, komputer, kulkas, televisi, dan peralatan elektronik lainnya harap dipadamkan sejenak. Cuma satu jam kok, nggak lebih. Yang biasanya nonton sinetron jam segitu (emak gue ^_^), nggak usah nonton dulu ya. Yang biasanya nongkrong di depan komputer sambil donlot file nggak jelas, dimatiin dulu deh komputernya. Semuanya itu kita lakukan untuk memberikan dukungan program Earth Hour 2011 yang diadakan sekali dalam setahun. Lebih tepatnya satu jam dalam satu tahun.

Banyak orang bertanya, sebetulnya apa sih Earth Hour itu? Itu jam tangan, merknya ‘Earth’, banyak kok di Malioboro, cuma 45 ribu. Ngaco! Bukan, Earth Hour adalah kegiatan yang diadakan oleh WWF untuk meminta rumah-rumah dan perkantoran untuk memadamkan lampu dan peralatan elektronik selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran pentingnya tindakan terhadap perubahan iklim. Earth Hour diadakan pada hari Sabtu terakhir di bulan Maret. Program ini dicetuskan pertama kali oleh WWF pada tahun 2007. Saat itu sebanyak 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan lampu. Setelah itu mulai banyak kota-kota besar dan negara-negara di dunia ikut berperan serta mendukung program ini. Dan Indonesia mejadi salah satunya.earthhour2

Ternyata banyak sekali penghematan yang dihasilkan dari pelaksanaan Earth Hour, tentunya berkaitan dengan penghematan energi. Jika 10% dari penduduk Jakarta, sekitar 700 ribu orang, mematikan dua lampu saja maka :

- Menghemat sekitar 300 Megawatt, cukup untuk menyalakan 900 desa
- Mengurangi beban biaya listrik di Jakarta sebesar Rp 200 juta.
- Mengurangi emisi CO2 sekitar 284 ton.
- Setara dengan daya serap emisi 284 pohon yang berusia 20 tahun.
- Setara dengan oksigen yang dibutuhkan oleh 568 orang.

Itu tadi jika hanya dilakukan oleh sekitar 10% dari penduduk Jakarta dan hanya mematikan dua lampu saja. Bayangkan jika dilakukan oleh seluruh penduduk pulau Jawa. Bayangkan jika dilakukan seluruh penduduk Indonesia. Bayangkan jika dilakukan oleh seluruh negara di dunia. Wow!

Jadi, pesan saya, ayo dukung program Earth Hour ini. Hanya satu jam (walaupun sebenarnya satu jam tidaklah cukup) kita biarkan bumi ini beristirahat. Toh semua ini juga untuk kita, umat manusia yang hidup dan berkarya di planet tercinta ini.

canberra_earth_hour

sumber : Wikipedia, Causes, Earth Hour Indonesia

0 comment(s):

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers