Melindungi Komputer Dari Virus

Minggu, 06 Maret 2011

Kesal rasanya saat kita tahu komputer yang kita sayangi terjangkit virus yang masuk lewat internet. Padahal kita sudah merasa berhati-hati saat menjelajah dunia maya tapi tetap saja kebobolan. Anti virus pun sudah dipasang tapi tetap saja tidak dapat menangkal serangan cyber. Jadi apa yang harus kita lakukan agar terhindar dari serangan-serangan yang tak bertanggung jawab itu? Berikut ini adalah kiat-kiat agar terhindar dari serangan virus, malware, spyware, dan lain sebagainya :

Pasang Firewall
Firewall adalah program yang khusus digunakan sebagai tembok pertahanan komputer kita. Fungsinya menangkal masuknya program-program jahat dari internet yang ingin ‘berbuat sesuatu’ terhadap komputer seperti mencuri dan menghapus data.

Update versi web browser
Selain menambah dan memperbaiki fitur-fiturnya, meng-update versi web browser yang lebih baru juga memperbaiki celah keamanan yang memungkinkan program jahat dapat masuk melaluinya.

Update sistem operasi
Virus bukan hanya menyerang file-file data, tapi juga menyerang file-file milik sistem operasi. Dengan meng-update sistem operasi secara rutin dapat melindungi sistem operasi dari serangan-serangan virus yang berbahaya.

Update anti virus.
Setiap kali ditemukan virus baru, perusahaan anti virus langsung berusaha untuk membuat penangkalnya. Secara berkala meng-update anti virus membuat program anti virus yang terpasang di komputer selalu siap menangkal virus-virus baru.

Selalu berhati-hati 
Walaupun langkah-langkah di atas sudah kita lakukan bukan berarti kita dengan bebas menjelajah internet dengan sesuka hati. Kita juga harus berhati-hati dan selalu waspada terhadap serangan program-program jahat. Tidak asal klik, download dari situs-situs yang terpercaya, tidak sembarangan membuka attachment di email.

sumber : Internet Sehat

0 comment(s):

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers