Facebook Kembangkan Situs Mobile-nya

Senin, 04 April 2011

fbmobileFacebook mempunyai dua situs mobile yaitu m.facebook.com (untuk ponsel umum) dan touch.facebook.com (khusus untuk layar sentuh). Hal ini ternyata mempersulit Facebook dalam mengembangkan situs-situsnya. Saat ada perubahan atau penambahan fitur baru pada situs desktop, Facebook juga harus mengembangkan kedua situs mobile-nya tadi. Dan itu memakan banyak waktu dan tenaga karena mengembangkan situs mobile berarti berurusan dengan jutaan perangkat di seluruh dunia.

Menurut blognya, Facebook telah mengadakan perombakan besar-besaran untuk m.facebook.com. Sekarang tidak ada lagi perbedaan antara m.facebook.com dengan touch.facebook.com, keduanya akan digabungkan. Saat pengguna mengakses m.facebook.com dari perangkat dengan layar sentuh, ia akan mendapatkan tampilan dengan fasilitas layar sentuh seperti pada touch.facebook.com. Situs mobile baru ini akan mendeteksi dan memberikan tampilan yang sesuai untuk perangkat yang digunakan. Perubahan ini tidak hanya menyediakan antarmuka yang lebih konsisten kepada pengguna, tapi juga memudahkan Facebook untuk mengembangkan fitur-fitur situs mobile-nya, karena keduanya telah memiliki basis kode yang sama.

Pengembangan situs mobile ini sekarang didukung oleh kerangka antarmuka berdasarkah XHP (gabungan antara PHP dan XML), Javelin (kode javascript untuk Facebook), dan WURFL (database untuk mendeteksi perangkat mobile). Kerangka yang baru ini memungkinkan situs Facebook menyesuaikan diri dengan perangkat yang digunakan dilihat dari sistem operasinya, fiturnya, dan menggunakan keyboard atau tidak (layar sentuh).

Sedikit tambahan, perubahan ini juga berpengaruh pada situs 0.facebook.com.

0 comment(s):

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers