WebM, Format Video Baru YouTube

Kamis, 21 April 2011

Hampir setahun sejak Google mengumumkan kehadiran format WebM, YouTube mulai mengubah video-video ke format WebM. Dan kini setiap ada video baru yang di-upload secara otomatis akan langsung diubah ke format yang baru tersebut.

WebM merupakan format open source yang berbasis codec VP8. Format ini memang dirancang mendukung video HTML5. Bisa dikatakan WebM merupakan pesain dari format H.264 yang didukung Apple untuk digunakan pada perangkat mobile karena kurangnya dukungan Flash pada perangkat iOS.

Karena Google akan menghilangkan dukungan untuk H.264 di Chrome, maka setiap video akan diubah ke format WebM agar tetap dapat dilihat di YouTube. Sampai saat ini belum semua video selesai diubah formatnya, baru sekitar 30% dari keseluruhan video di YouTube. Browser yang mendukung format baru ini adalah Opera dan Firefox. Google berencana akan merilis codec untuk browser lain seperti Internet Explorer 9.

sumber : PCWorld

2 comment(s):

Unknown mengatakan...

Mau tnya gmn se ngerubah format webm ke 3gp ?

Alun Aileron mengatakan...

@ My Friend's : bisa pake converter seperti Format Factory. Klik di sini untuk donlot Format Factory --> http://j.mp/pley1j

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers