Menerjemahkan Dokumen Dengan Google Translate

Sabtu, 23 April 2011

Cara yang lazim dilakukan seseorang, termasuk saya, saat menerjemahkan sebuah dokumen yang tersimpan di komputer adalah dengan membuka dokumen tersebut, menyalin (copy) sebuah paragraf dan menaruhnya (paste) di Google Translate, mendapatkan hasil terjemahannya, lalu menyalinnya kembali ke komputer. Demikian seterusnya sampai semua paragraf dalam dokumen itu selesai diterjemahkan.

Ternyata cara di atas kurang efektif. Google Translate menyediakan fasilitas untuk menerjemahkan sebuah dokumen secara langsung, tanpa kita perlu melakukan copy dan paste setiap paragraf. Di bagian bawah ruang untuk memasukkan kata atau kalimat yang akan diterjemahkan disediakan linkType text or a website address or translate a document’. Dengan mengklik link tersebut kita bisa langsung memilih dokumen yang akan diterjemahkan dari komputer.

gdoctranslate

Setelah memilih dokumen, selanjutnya adalah memilih bahasa tujuan terjemahan. Bahasa sumber secara otomatis dikenali (auto detect), namun jika perlu kita juga bisa mengaturnya terlebih dahulu. Kemudian klik tombol ‘Translate’. Tunggu sebentar agar Google meng-upload dokumen yang kita masukkan, setelah itu kita akan mendapatkan hasil terjemahannya. Kita dapat menyalin hasil terjemahan tadi ke dokumen yang baru.

Dokumen yang saya gunakan untuk mencoba fasilitas ini berekstensi .doc. Lalu saya mencobanya dengan format .docx, dan ternyata juga berhasil. Hasil tampilannya hampir sama dengan dokumen aslinya. Jika dokumen yang asli terdapat tabel, maka hasil terjemahannya pun masih lengkap dengan tabelnya. Kemudian saya coba lagi dengan file berekstensi .xls, .xlsx, .txt, .mht, .pdf, dan ternyata juga berhasil. Kecuali jika file .pdf tersebut adalah hasil scan dari gambar, teks yang ada di dalamnya tidak dapat diterjemahkan dengan baik oleh Google Translate.

0 comment(s):

Posting Komentar

Ad
 
 
 

Followers